TEMPAT-TEMPAT LARI ASYIK DI BANDUNG

Spread the love

Sobat runner kalau lari sukanya dimana nih? Track larikah, atau jalanan?

Di kota Bandung cari tempat lari yang asyik sebetulnya gampang ya, mau track lari ada, mau taman banyak, keliling kota di jalanan bisa, lengkap dengan jalur tanjakan lagi, atau malah mau trail juga ada. Atau mau keliling lingkungan dekat rumah saja juga bisa kalau mau.

Favorit saya sendiri adalah lari di jalanan keliling-keliling sambil eksplorasi, kecuali kalau memang ada latihan khusus yang memang perlu dilakukan di track.

Kota Bandung sendiri pada dasarnya tempat yang enak untuk lari-lari, hawanya sejuk, banyak pepohonan pula. Cuma sayangnya kondisi sekarang memang sudah terlalu ramai kendaraan bermotor jadinya macet dan polusi dimana-mana. Jadi kalau mau lari di jalanan harus pilih-pilih waktu dan rutenya.

Untungnya masih ada terdapat track lari khusus dan taman atau tempat lain yang bisa dijadikan tempat lari yang asyik, aman dan nyaman.

Saya share dulu beberapa tempat yang saya tahu, dimulai dari track dulu yah.

1. GOR Pajajaran

Lokasinya di jalan Pajajaran, tempat ini milik KONI Jawa Barat. Selain track lari disini juga ada fasilitas olahraga basket, bulutangkis, panahan, dan kolam renang. Track larinya sintetis enak buat barefoot alias nyeker.

Cuma… berbayar, kurang ingat juga harga pastinya antara 10-15 ribu rupiah, keuntungannya karena berbayar jadinya disini tidak terlalu ramai masih nyaman untuk lari, plus maintenance juga lebih terjaga.

Kalau mau sekalian cari jajanan juga bisa disini ada banyak pilihan.

2. Lapangan Gasibu

Lokasinya tepat di seberang gedung sate jalan Diponegoro. Permukaan track larinya solid, bahan apa itu ya kurang tahu saya?

Tempatnya sih enak dan nyaman sebetulnya, asal kita datangnya pas sepi. Cuma disini bisa sangat crowded apalagi weekend, mentang-mentang gratis juga kali ya? Jangankan lari deh kalau sudah begini, jalan saja harus zigzag.

Saya lihat mayoritas orang kesini pada akhirnya bukan olahraga tapi sekedar jalan-jalan, nongkrong plus foto-foto, dan jajan di sekitaran situ.

3. GOR Saparua

Dulu terkenal sebagai tempat digelarnya musik-musik cadas underground, dan tempat nongkrongnya transexual alias wanita jejadian…. Generasi 90’s kesana pasti taulah yah, the good ol’ days :)))

Letaknya dikelilingi jalan Saparua, Aceh, Banda, dan Ambon. Tempatnya sebetulnya enak, sejuk banyak pohon, cuma karena permukaan track larinya tanah lumayan bikin kotor sepatu baik itu saat kering apalagi habis hujan.

Karena disini gratis dan track larinya agak sempit jadinya bisa crowded di waktu-waktu tertentu jadi kurang leluasa larinya. Selain itu disini juga ada fasilitas inline skate, panjat dinding, basket, dan bulutangkis. Disamping bertebaran juga warung-warung jajanan dan kafe di sekitarnya.

4. SARAGA ITB

Saraga alias Sasana Olahraga Ganesha adalah kompleks olahraga milik ITB, letaknya di jalan Siliwangi.

Fasilitas disini selain track lari ada juga kolam renang, sepakbola, futsal, basket, voli, tenis, dan fitness. Secara umum tempatnya enak dan nyaman, tidak terlalu ramai karena memang berbayar, sangat murah sih dibawah 5 ribu rupiah. Permukaan track larinya tanah, dan karena disekitarnya tidak ada pepohonan bisa lumayan panas juga, siap-siap topi yah.

Kalau mau jajan juga disekitar sini ada warung-warung, kalau weekend disini bisa lebih ramai karena disebelahnya ada Babakan Siliwangi Forest Walk yang ramai pengunjung.

5. UPI

UPI atau Universitas Pendidikan Indonesia memiliki sarana olahraga lengkap yang terletak di dalam komplek kampusnya jalan Dr. Setiabudi. Disitu selain atletik ada sepakbola, tenis, kolam renang, softball, gymnasium, dan lainnya saya juga kurang tahu 😀

Permukaan track larinya tanah, disini karena berada di daerah tinggi hawanya terasa lebih sejuk, tapi karena itu juga panas mataharinya terasa lebih menyengat.

Tempatnya lumayan jauh dari kota ke daerah atas arah ke Lembang, plus daerah ini terkenal macetnya terutama kalau musim liburan.

6. SPOrT Jabar

Letaknya di jalan Pacuan Kuda Arcamanik, dan memang dulunya adalah arena pacuan kuda. Disini selain track lari juga ada juga fasilitas lapangan bola, baseball, panahan, dan pencak silat.

Katanya sih berbayar, belum coba juga 😀

Selain di track larinya area sekeliling komplek ini juga bisa dijadikan tempat berlari, atau banyak juga orang bermain sepeda dan inline skate disini.

Selain enam itu diatas ada track lari lain yang saya belum tahu pasti apa bisa digunakan oleh umum, baru “katanya”, yaitu di stadion Siliwangi dan stadion GBLA, ada yang bisa bantu konfirm ini?

Diluar track lari ada tempat lain yang menurut saya nyaman buat lari:

1. Lottemart Wholesale Soekarno Hatta

Ini tempat favorit saya, lapangan parkir Lottemart ini kelilingnya sekitar 800m. Tempatnya lumayan sejuk ada pepohonan di pinggirannya, ada banyak juga orang berolahraga disini tiap pagi dan sore.

Selesai olahraga bisa belanja atau jajan di pujaseranya. Asal jangan olahraga disini hari Minggu pagi saja, sama sekali tidak nyaman selain terlalu banyak orang ditambah juga dipakai untuk tempat jualan mobil bekas.

2. Lapangan Batununggal

Di perumahan Batununggal ada lapangan yang lumayan luas, keliling disini jaraknya lumayan juga sekitar 2 km. Lumayan nyaman asal jangan lagi jam sibuk lalulintas.

Nah, selain tempat-tempat itu di Bandung juga terdapat banyak taman dengan pepohonan rimbun, sebetulnya kurang nyaman juga kalau mau dipakai lari karena jalurnya sempit dan biasanya banyak orang juga. Yang saya tahu suka dipakai jogging itu taman Lansia dan Tegalega, walaupun yang terakhir ini kabarnya sedang direnovasi jadi entah apa masih bisa digunakan atau tidak.

Kalau sobat runner tipenya seperti saya yang lebih suka lari di jalanan, banyak sebetulnya tempat-tempat di Bandung yang bisa dieksplor. Tinggal seperti saya sudah bilang diatas, waktunya jangan pas jam padat kendaraan. Idealnya weekend pagi sebelum jam 7 lah.

Rutenya mau ke pusat kota maupun ke pinggiran ke pesawahan, atau masuk ke daerah-daerah pemukiman padat. Siap-siap saja google map takut nyasar, hehehe.

Favorit saya adalah ke daerah yang rimbun pepohonan besar sekitaran jalan Martadinata (dulu sih namanya jalan Riau), atau jalan Diponegoro.

Kalau mau yang lebih menantang bisa cari tanjakan ke daerah Utara atas seperti Ciumbuleuit, Dago, Cigadung, atau lainnya. Favorit saya rute nanjak dari BIP terus keatas sampai gerbang Tahura.

Strava map, long run half marathon distance

Kalau mau trail run, ada daerah-daerah hutan dan perkebunan di pegunungan sekitar Bandung, asal tahu jalurnya saja. Kalau yang terdekat sih bisa dari Tahura ke Maribaya atau eksplor masuk lagi ke pedalamannya. Kalau saya biasa di daerah Cimenyan, ke Oray Tapa atau masuk perkebunan bisa sampai ke puncak Palasari.

Okay, itu tadi tempat-tempat asyik buat lari yang ada di Bandung, silakan ada yang mau menambahkan komen di bawah. Semoga bermanfaat, stay tuned!

Salam

FOREVER YOUNG WITH RUNNING AND ROCK N’ ROLL

2 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *