RUNNING MEDITATION, PART 5

Spread the love

Halo lagi sobat runner, semoga kita semua senantiasa dilimpahi kebaikan ya.

Bagaimana latihan napas perut dan kesadarannya nih? Saya harap sudah mulai dibiasakan ya karena kalau belum terbiasa akan sangat sulit untuk praktik berikutnya.

Tapi sebelum masuk praktik berikutnya ada beberapa hal yang harus saya jelaskan dulu, karena saya tidak mau orang nanti salah persepsi terhadap Running Meditation ini.

Tujuan running meditation

Pertama saya tegaskan lagi disini kita akan mempraktikan meditasi yang ringan-ringan saja, tapi bukan berarti kita tidak serius ya.

Kita tidak akan ambil pusing dengan gelombang otak harus turun ke alpha theta dan sebagainya, susah ngukurnya, kita juga tidak akan ambil pusing dengan kondisi “nothingness” atau “kosong”, dan kita juga tidak akan bermain-main dengan spiritualitas. Cukup “kesadaran” kita saja kita usahakan untuk selalu “hadir” disini dan saat ini. Itu saja!

Tujuan utama running meditation adalah agar kita bisa “aware” atau “sadar diri”, kita bisa kenal diri kita apa adanya, dan akhirnya kita bisa menjadi “master of ourselves” atau menjadi tuan bagi diri sendiri. Praktik meditasinya sambil melakukan sesuatu yang memang kita suka, yaitu running.

Manfaatnya, kita jadi lebih sehat lahir batin, dan selalu hepi, gitu doang! Adapun kalau performa lari meningkat lalu PB meningkat itu sih bonus saja.

Jadi disini saya lebih condong ke pendekatan Barat deh, meditasinya lebih ke manfaat kesehatan fisik dan mental. Walaupun in reality basic saya adalah meditasi ala Timur juga yang banyak menyangkut masalah energi dan spiritual, tapi itu sih saya simpan buat pribadi saja dulu yah, hehehe.

Meditasi salah kaprah

Di kita praktik meditasi ini dikaitkannya dengan spiritual. Padahal apa makna spiritual sendiri sebetulnya agak saru juga ya, malah identiknya sih dengan praktik paranormal, mistis klenik dan sebagainya yang gaib-gaib. Jadilah spiritualis = paranormal atau dukun dan sejenisnya, orang-orang yang memiliki kemampuan supranatural lah.

Padahal spiritual asal katanya kan spirit ya? Spirit = ruh, jadi ruhani mungkin maksudnya? Tapi ruhani apa juga bingung tuh. Okelah biar saja, yang jelas kalau yang saya pahami spiritual ini merupakan sebuah perjalanan untuk memahami kehidupan.

Meditasi ini memang banyak dipraktikan oleh para pejalan spiritual karena meditasi adalah salah satu cara untuk berjalan “ke dalam”. Tapi meditasi sendiri bukan satu-satunya praktik yang dilakukan karena yang namanya berspiritual itu sebetulnya mencakup seluruh aspek kehidupan, 24 jam sehari, dan berlangsung seumur hidup sampai mati. Berat masbro jalannya jadi spiritualis tuh!

Banyak sekali praktisi meditasi malah diklaim atau mengklaim diri sebagai spiritualis dan nyangkutnya ke hal-hal yang buat kebanyakan orang sih agak-agak horor gitu.

Aneh-aneh lah ceritanya seputaran ini, ada yang bisa lihat masa depan, ada yang masuk ke satu dunia atau satu jaman di masa lalu. Ada yang sholat di mesjid di atas awan, ada yang bertarung di atas batu karang di tengah laut, ada yang ketemu Yesus atau Bunda Maria, ketemu Nabi Muhammad, Sri Krishna, Sunan Kalijaga, macam-macam lah. Ada yang lucu lagi ketemu bidadari sorga katanya. Malah yang lebih keren lagi ada yang sampai mengaku nabi bahkan dewa. Gimana nggak lieur coba?

Kenapa bisa begitu?

Ini ada hubungannya dengan gelombang otak dan memori. Jadi ketika gelombang otak kita sangat rendah dan berada di antara kondisi sadar dan tidur, maka segala memori masa lalu, memori bawah sadar, imajinasi, semuanya akan bermunculan. Dan yang bersangkutan pun katanya kesulitan membedakan apakah itu real atau tidak.

Jadi wajar ya karena ternyata tergantung referensi yang ada di bawah sadarnya. Orang yang senang bela diri melihat dirinya tarung di tengah laut, orang Islam ketemu Sunan Kalijaga, orang Kristen ketemu Bunda Maria, orang yang mikirnya ngeres melulu ketemu bidadari sorga.

Oleh karena itu sulit untuk memastikan apakah pengalaman ajaib orang-orang itu memang real sampai ke jaman anu, bertemu nabi A atau wali B, atau itu sekedar memori bawah sadar atau imajinasi mereka saja yang muncul lalu dianggap nyata. Makanya saru antara “tercerahkan” atau “korslet”, saya malah curiganya yang belakangan yah karena kalau orang tercerahkan itu harusnya sih tercermin dari sikap dan perbuatannya sehari-hari.

Karena itulah kita tidak akan bermain-main dengan gelombang otak, nothingness, ataupun spiritualitas. Takutnya salah-salah bisa korslet, bahaya!

Energi

Meditasi juga sering dikaitkan dengan energi, terutama metafisik dan tenaga dalam. Dua hal ini juga bagi kebanyakan orang adalah sesuatu yang agak gaib jadi antara percaya dan tidak percaya, malah bagi kalangan tertentu sih dilarang karena katanya “dibantu” mahluk dari dimensi lain.

Oke kalau yang namanya energi maka sains modern telah membuktikan bahwa segala sesuatu di alam semesta ini memang pada dasarnya hanya energi dalam bentuk yang berbeda-beda. Oleh karena itu kita semua sebetulnya saling terhubung dengan seisi alam semesta.

Masalahnya kita cuma bisa menangkap energi yang memang bisa ditangkap melalui melalui panca indera, dan itupun kita nggak ngeh kalau itu adalah energi. Iyalah, suara itu energi, cahaya juga energi, gelas yang kita pegang sekarang juga energi dalam bentuk padat.

Di luar itu masih sangat banyak bentuk energi yang berseliweran dan tidak bisa ditangkap panca indera tapi sebagian sudah bisa dideteksi dengan bantuan alat tertentu. Gelombang 4G misalnya, kan kita baru sadar ketika gadget kita konek ke internet. Atau radiasi elektromagnet yang cuma bisa dideteksi dengan menggunakan alat sepert EMF.

Metafisik itu real memang ada, tapi bukan sebangsa klenik atau mistik. Metafisik itu energi alam saja, setiap saat juga ada berseliweran. Sama real-nya dengan tenaga dalam yang merupakan energi yang “tertidur”. Cuma kita nggak ngeh saja.

Padahal kalau kita mau meluangkan waktu untuk benar-benar merasakan lama-lama bisa kok terasa. Malah bisa diolah dan dimanfaatkan dengan teknik latihan dan meditasi tertentu.

Running meditation sendiri tidak secara spesifik bermain-main dengan energi, walaupun ada juga nanti nyerempet sedikit-sedikit sih. Disini sekali lagi ditegaskan kita hanya bermain dengan “kesadaran”, cukup hadirkan itu saja selalu disini dan saat ini.

Intermezzo

Intermezzo bagi yang penasaran ingin bisa merasakan energi. Coba tempelkan telapak tangan seperti gambar di atas lalu gosok-gosok beberapa kali. Setelah itu jauhkan pelan-pelan sekali, tidak perlu terlalu jauh lah, cukup 10-20 cm saja. Setelah itu dekatkan lagi pelan-pelan sekali juga sampai menempel lagi. Terus lakukan begitu berulang-ulang.

Sambil terus bergerak menjauhkan dan mendekatkan coba fokus rasakan kedua telapak tangannya, rasakan saja deh jangan berpikir ini itu. Selamat mencoba!

Oke segitu dulu yah, lanjut nanti Running Meditation part 6 kita belajar basic meditasi, stay tuned! Jangan lupa selalu dilatih kesadaran dan napas perutnya yah.

Salam.

FOREVER YOUNG WITH RUNNING AND ROCK N’ ROLL

9 comments

  1. Hello Admin,

    YOU NEED QUALITY VISITORS for your: yozzdrunner.com

    My name is Carmella Sandridge, and I’m a Web Traffic Specialist. I can get:
    – visitors from search engines
    – visitors from social media
    – visitors from any country you want
    – very low bounce rate & long visit duration

    CLAIM YOUR 24 HOURS FREE TEST => https://bit.ly/3gqLEoE

    Do not forget to read Review to convince you, is already being tested by many people who have trusted it !!

    RUNNING MEDITATION, PART 5 – Yozz D’Runner

  2. BEST PROGRAM FOR ADVERTISEMENT!

    XRumer is the best program for advertisement!
    It’s have CAPTCHA recognizer, email verificator, and a lot of other functions…

    This software will help to increase traffic to website to hundreds, thousands times.
    Program have a rich seven year history, which use experience of professionals in search engine optimization.
    Appreciate and use a truly unique and powerful XRumer program, can both professionals and beginners.
    MORE INFO=> https://bit.ly/2ZsKQsz

  3. I WILL FIND POTENTIAL CUSTOMERS FOR YOU

    I’m talking about a better promotion method than all that exists on the market right now, even better than email marketing.
    Just like you received this message from me, this is exactly how you can promote your business or product.

    CLAIM YOUR TEST PERIOD => https://bit.ly/3hdwfaC

  4. NOT SATISFIED WITH YOUR HOSTING ?

    Check Out Our Coupons for This Month & Get Your Domain, Hosting and SSLs For Less!
    Namecheap Offers Amazing Deals That Save You Money Across Our Product Range!
    Best Value Web Products. 20 Years Serving You. Free WhoisGuard. #1 for Value Vs. Others.

    Check Out Our Coupons for This Month => http://bit.ly/Our_Current_Deals

  5. YOU NEED QUALITY VISITORS for your: yozzdrunner.com

    My name is Jefferson, and I’m a Web Traffic Specialist. I can get:
    – visitors from search engines
    – visitors from social media
    – visitors from any country you want
    – very low bounce rate & long visit duration

    CLAIM YOUR 24 HOURS FREE TEST
    ContactMe: ventfara@mail.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *