MINDFULNESS

Spread the love

Mindfulness itu apaan sih? Apa bedanya dengan meditasi?

Sobat semua di tulisan sebelumnya kan kita sudah mengenal dan mempraktikan meditasi, kali ini kita akan berkenalan dengan yang namanya mindfulness.

Mindfulness ini saya perhatikan cukup ramai juga di luaran sana sampai ada pelatihannya segala, karena katanya banyak sekali benefitnya kalau kita mempraktikan ini. Ada yang mengatakan bahwa mindfulness ini istilah lain dari meditasi atau bisa dikatakan juga bahwa mindfulness adalah salah satu bentuk meditasi, benar gitu ya?

Apa itu mindfulness

Mindfulness itu kata dasarnya mindful yang artinya sadar atau ingat, kalau dalam bahasa Inggris kata lain dari mindful ini adalah aware. Aware sendiri kalau bahasa Indonesia itu artinya sadar, tahu, atau ngeh. Jadi belajar bahasa deh.

Jadi arti mindfulness ini berdasarkan itu tadi adalah kesadaran. Maksudnya kesadaran disini adalah kita benar-benar sadar atau tahu akan saat ini, kita sedang ada dimana, sedang melakukan apa, sedang memikirkan dan merasakan apa. Atau kata yang paling gampangya mindfulness ini adalah “nyadar” lah begitu. Untuk selanjutnya kalau saya bilang mindfulness atau nyadar itu artinya sama ya.

Apakah mindfulness ini sama dengan meditasi?

Menditasi untuk mencapai mindfulness.
Sumber https://www.vectorstock.com/

Beda artinya, meditasi itu sebuah praktik atau kegiatan sementara mindfulness itu merupakan kondisi mental. Tapi bermeditasi itu memang harus dilakukan secara mindful, jadi meditasi dan mindfulness ini berhubungan.

Supaya nyadar

Supaya kita bisa mencapai mindfulness atau nyadar caranya adalah dengan fokus perhatian hanya ke sini dan saat ini, begitu saja sebetulnya.

Misalnya kita sekarang sedang makan malam nih, sendirian di rumah lauknya ceplok telor, tetapi sambil makan itu pikiran kita jalan-jalan kesana kemari berhayal kita sedang makan malam mewah di pinggir pantai bersama Gal Gadot sampai air putih pun serasa wine. Itu malaweung namanya, nggak fokus.

Coba kita makan malamnya itu sambil betul-betul fokus perhatian, nikmati dan rasakan semuanya. Kita sadari bagaimana itu suasananya, rasa makanan, teksturnya, bagaimana bunyi sendok dan piring, bagaimana tangan kita bergerak dan mulut mengunyah, dan sebagai-sebagainyalah.

Sadari dan fokus ketika melakukan sesuatu.
Sumber: https://www.vectorstock.com/

Mindfulness itu ketika kita benar-benar bisa nyadar sepanjang kita makan malam itu.

Kalau dalam bahasa Inggris kegiatan makan seperti itu disebutnya mindful eating atau eating mindfully, terapkan seperti ini di semua yang kita lakukan bahkan ketika kita cuma duduk diam atau selonjoran sekalipun. Jadi yang dikatakan mindfulness ya itu, ketika kita melakukan segala sesuatunya dengan mindfully.

Jadi seperti itu saja yang namanya mindfulness itu.

Manfaat mindfulness

Apa manfaatnya kita melakukan segala sesuatu dengan nyadar?

Banyak manfaatnya kalau kita mengerjakan segala sesuatu dengan mindful, antara lain nih:

  1. Lebih fokus
  2. Buat orang yang kerja akan meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja.
  3. Stres juga akan sangat berkurang.
  4. Hidup akan lebih hepi.
  5. Kita lebih enjoy dalam melakukan kegiatan apapun.
  6. Buat seorang atlet, seniman, atau performer apapun jelas akan sangat terbantu performanya. Ini termasuk running loh, makanya terapkan ini di running.
  7. Meningkatkan kinerja otak, ini kata penelitian bukan kata saya.
  8. Kita lebih sadar akan diri kita dan lingkungan sekitar.

Dan banyak deh silakan tambahkan sendiri. Mungkin karena banyaknya benefit ini sementara banyak orang yang nggak paham cara menerapkannya makanya peluang ini diambil sebagai lahan bisnis.

Latihan mindful

Karena kebiasaan kita memang membiarkan pikiran dan perasaan tidak fokus malah keluyuran kesana kemari maka ini harus dilatih dan dibiasakan.

Caranya gampang banget kok, meditasi adalah cara terbaik kalau menurut saya, tapi kalau nggak mau masih banyak cara lain dan nggak aneh-aneh kok. Yang paling gampang saja deh, bernapas!

Iya coba saat ini juga bernapasnya sambil disadari dan pikirannya fokus disitu, rileks dan enjoy saja. Perhatikan ketika menarik napas, perhatikan juga ketika membuang napas. Lakukan begitu rutin setiap hari selama beberapa meni, itu cara yang paling mudah.

Kalau seperti itu membosankan bisa dengan cara yang lain, jalan santai keliling komplek misalnya. Fokus dan nikmati saja saat kita berjalan, jaga jangan sampai kita membayangkan apalagi sampai merasa kita sedang tawaf di Mekah. Sambil perhatikan dan rasakan juga sensasi-sensasi yang muncul.

Begitu saja kok.

Praktikan seperti ini juga di kegiatan-kegiatan lain, ketika kita mandi, ketika kita makan dan minum, berjalan, olahraga, kerja, nonton film, apapun itu lakukan sambil kita sadari dan fokus sepenuhnya. Ini harus dilatih terus hingga menjadi kebiasaan, silakan nanti rasakan hasilnya. Intinya adalah “do it mindfully” atau “nyadar ngerjainnya”.

Begitulah ceritanya…

Jadi paham ya yang namanya mindfulness itu sangat sederhana, tinggal kita jadikan kebiasaan sehari-hari supaya bermanfaat.

Terakhir saya mau tanya nih, “Siapa sih yang bisa menyadari itu? Siapa yang bisa tahu atau yang ngeh kalau kita sedang mindful atau nggak, kalau pikiran kita sedang terfokus atau melayang entah kemana?”. Silakan direnungkan, hehehe.

Semoga bermanfaat dan selamat ber-mindful ria, salam sejahtera.

FOREVER YOUNG WITH RUNNING AND ROCK N’ ROLL

2 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *