MENGENAL MEDITASI

Spread the love

Salam sejahtera sobat runner semua, semoga sehat dan hepi selalu. Sesuai judulnya “Mengenal Meditasi” tulisan kali ini akan memperkenalkan apa itu meditasi, sebelumnya hal ini sudah pernah saya tulis di Running Meditation part 1 tapi kali ini saya akan jelaskan ulang dengan pemahaman terkini.

Bicara meditasi zaman sekarang ini sudah bukan lagi hal yang aneh, praktik yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu itu sekarang sudah menjadi sesuatu yang banyak diterima dan dipraktikan oleh banyak orang di seluruh dunia. Sekarang ini sangat mudah kita temui baik online maupun offline apakah itu praktisi, komunitas, maupun trainer atau guru meditasi dengan latar belakang macam-macam aliran meditasi, yang paling populer tentu saja Yoga dengan berbagai macam variannya. Ini tentu saja memudahkan buat orang-orang yang ingin mempelajari meditasi.

Apa itu meditasi

Berdasarkan kamus bahasa Indonesia kata meditasi atau meditation dalam bahasa Inggris itu artinya pemusatan pikiran dan perasaan untuk mencapai sesuatu.

Pada dasarnya dimanapun juga yang dikatakan meditasi itu sama, kegiatan atau praktik memusatkan atau memfokuskan perasaan dan pikiran untuk mencapai sesuatu. Jadi ada tujuannya begitu dari praktik meditasi ini.

Nah apa “sesuatu”nya ini? Ini bisa beda-beda maksudnya karena tergantung kepada si praktisinya.

Kalau yang banyak diterima secara umum tujuan meditasi itu semacam relaksasi, jadi mengolah pikiran dan perasaan dengan tujuan untuk mencapai ketenangan.

Tekniknya sangat mudah yaitu dengan memfokuskan pikiran ke satu obyek tertentu, yang paling basic dan mudah obyeknya adalah napas tapi bisa juga yang lain seperti suara, nyala lilin, atau yang lainnya. Ini biasanya dilakukan dalam posisi duduk bersila dengan punggung tegak.

Tujuan dari teknik seperti ini agar pikiran tidak liar berkeliaran kemana-mana tetapi diam fokus di satu titik, nanti lama kelamaan pikiran maupun perasaan akan semakin tenang dan jernih.

Kalau dari sudut pandang ilmiahnya praktik meditasi seperti tadi itu berhubungan dengan gelombang otak manusia. Jadi meditasi kalau dilihat dari sudut pandang ini adalah praktik menurunkan gelombang otak sampai gelombang otak rendah. Yang diasosiasikan dengan gelombang otak meditasi biasanya adalah gelombang Alpha dan Theta, juga Delta apabila meditasinya sudah sangat dalam.

Gelombang otak manusia
Sumber: www.binauralbeatsmeditation.com

Gelombang Alpha dan Theta ini selain relaksasi manfaat lainnya juga antara lain untuk meningkatkan intuisi, kreatifitas, kecerdasan, dan kemampuan belajar.

Meditasi yang seperti itulah yang paling banyak diminati dan dipraktikan orang, alasannya karena manfaatnya memang terasa baik untuk kesehatan mental maupun fisik, selain itu tekniknya juga sangat mudah dilakukan.

Bagi kalangan bisnis atau decision maker meditasi membantu mereka untuk berpikir lebih jernih hingga membantu mereka untuk mengambil keputusan-keputusan penting, bagi kalangan yang kerja di lingkungan stres tinggi meditasi sangat membantu mengurangi tingkat stres mereka, bagi kalangan atlet dan selebriti meditasi selain mengurangi stres juga membantu mereka meningkatkan fokus hingga performa mereka meningkat, bagi kalangan orang yang sakit parah meditasi membantu mereka untuk mempercepat proses kesembuhan. Jadi banyak lah manfaat yang dirasakan.

Tetapi bagi kalangan lainnya walaupun teknik praktiknya kurang lebih sama tapi arti dan tujuan meditasinya sendiri bisa berbeda lho.

Ada sebagian yang mengartikan meditasi sebagai proses mengheningkan dan mengeksplorasi ke dalam diri.

Sebagian lain mengartikan meditasi sebagai praktik untuk mengosongkan pikiran katanya, jadi nge-blank begitu.

Sementara kalangan spiritual mengartikan meditasi sebagai praktik untuk mengkoneksikan diri dengan “sesuatu yang lebih tinggi”, entah itu yang disebut sebagai kesadaran, ruh, Tuhan, semesta, atau yang lainnya.

Lalu dari sudut pandang klenik-mistik meditasi itu sama seperti spiritual yaitu mengkoneksikan diri dengan sesuatu juga, tapi sesuatunya ini biasanya berarti mahluk-mahluk atau alam-alam gaib.

Lain lagi dengan praktisi energi entah itu reiki, tenaga dalam, kundalini dan yang sejenisnya, meditasi adalah sarana untuk membangkitkan dan mengolah energi.

Bahkan ada juga kalangan yang mengartikan meditasi sebagai tamasya ke dunia fantasi, entahlah apakah itu dunia real atau bukan.

Dan mungkin masih ada arti lainnya lagi yang beda dari yang tadi, jadi arti meditasi memang tergantung si praktisinya sendiri pada akhirnya. Buat saya pribadi saya setuju dengan memahami meditasi sebagai praktik menghening dan mengeksplorasi ke dalam diri.

Jadi bingung yah meditasi itu apaan? Hehehe.

Kalau masih bingung saya sarankan gunakan yang pertama saja yaitu meditasi sebagai teknik relaksasi. Selanjutnya kita akan belajar praktik teknik dasarnya meditasi di tulisan Praktik Meditasi Dasar.

Semoga jelas ya tentang meditasi, semoga bermanfaat juga, salam.

FOREVER YOUNG WITH RUNNING AND ROCK N’ ROLL

3 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *