BELAJAR SANTUY, MINGGU 6

Spread the love

Tanpa terasa sudah selesai minggu ke-6 program Belajar Santuy, gimana nih ceritanya…

Oke tapi kurang maksimal

Minggu ini rasanya kurang maksimal terlepas masih sempat dapat tiga sesi lari outdoor plus satu sesi pendek indoor dan satu long run, mungkin pengaruh dari kena flu sama sedikit batuk jadi lumayan mengganggu tapi syukur bukan sakit serius lah.

Terlepas dari kurang maksimal kalau dilihat secara umum sih masih bisa dibilang oke, paling nggak secara feeling. Sepertinya saya mulai adaptasi dan menikmati lari santuy, nggak diburu-buru dan enjoy begitu. Yang paling penting itu setiap balik lari badan rasanya bukan capek tapi fresh dan masih sanggup lanjut lagi. Ini ciri kita lari di intensitas easy yang benar.

Adapun urusan HR-nya sendiri minggu ini saya agak kesulitan menjaga HR rendah, sepertinya kena flu itu juga pengaruh besar juga atau mungkin sayanya yang salah mengukur intensitas lari.

Form yang hilang

Yang jelas yang paling diutamakan minggu ini adalah menemukan kembali form yang enak, terutama masalah cadence. Karena dengan cadence normal saya di kisaran 175 BPM itu sulit untuk menjaga HR di zona aman, bawaannya ke 150+ terus padahal itu sudah dengan baby step langkah super pendek. Kalau cadence 180 apalagi, makin tinggi HR-nya.

Sementara kalau lari dengan cadence terlalu rendah di 160-an itu form-nya malah jadi rusak, nggak enak gitu gerakannya. Lalu cadence terlalu lambat juga berakibat ke kaki cepat capek bahkan sakit lutut dan pergelangan. Ini jadinya malah balik lagi ke jaman saya awal lari dulu seperti ini.

Nah ini dia PR buat minggu 7 nanti, menemukan cadence yang pas. Wish me luck yah…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *