9 TIPS LATIHAN LARI DI TENGAH WABAH COVID-19

Spread the love

Gimana nih kabarnya sobat runner semua? Saya harap semua sehat-sehat aja ya, kita doakan juga wabah virus Covid-19 yang sedang ganas menyebar ini segera bisa diatasi dan orang-orang yang terinfeksi bisa segera sembuh.

Salut angkat topi buat tim medis yang berjibaku mempertaruhkan nyawanya demi keselamatan orang banyak, dan bagi mereka yang wafat dalam menjalankan tugasnya kita doakan semoga seluruh amal kebaikan mereka diterima di sisi-Nya.

Lalu apa andil kita di kondisi ini? Kalau nggak bisa bantu beresin jangan bikin riweuh, simpel! Bantu dengan doa, bantu dengan jaga diri jangan bertindak bodoh nantangin bahaya.

Akibat penyebaran virus ini kegiatan di semua bidang jadi terhambat apalagi setelah diberlakukan instruksi untuk diam di rumah sejak seminggu lalu, semua orang terkena imbasnya termasuk kita-kita kalangan runner.

Di satu sisi anjuran untuk diam di rumah kecuali ada keperluan penting memang tetap harus diikuti, tapi di sisi lain olahraga lari itu adalah salah satu cara meningkatkan imunitas juga, jadi dilema yah.

Sebetulnya masih bisa disiasati sih, kita masih bisa latihan lari kok dalam kondisi begini cuma harus ekstra hati-hati begitu.

Berikut ada sembilan tips yang bisa diikuti.

1. Pastikan kita sehat

Kalau kita kurang sehat atau malah sakit lebih baik diam di rumah. Selain kita jadi lebih rentan terserang penyakit dari luar kita juga berisiko menularkan sakit kita ke orang lain.

2. Cari waktu yang tepat

Pagi-pagi sekali dan malam adalah waktu ketika di luaran tidak banyak orang, ini bisa kita manfaatkan. Saya sendiri suka mulai lari sekitar jam 5 pagi dan sudah pulang sebelum jam 7.

3. Gunakan pelindung

Gunakan masker dan sarung tangan, walaupun ada yang bilang kalau masker itu tidak diperlukan bagi orang yang sehat tapi jaga-jaga sih harus yah. Kalau tidak ada masker gampang juga bisa bikin sendiri sih silakan googling.

4. Hindari lari berkelompok

Bukan sombong nggak mau temenan yah, tapi jaga-jaga deh. Kita nggak pernah tahu kalau kita bawa penyakit atau teman kita yang bawa penyakit.

5. Cari rute yang sepi

Carilah rute yang menghindari keramaian atau kerumunan orang, kalaupun tetap ketemu orang kita bisa jaga jarak saja.

6. Jaga intensitas

Jaga intensitas larinya jangan berlebihan, easy run 30 – 60 menit saja cukup kok, sementara ini hindari dulu deh latihan intensitas tingginya. Dihemat dulu energinya.

7. Bersih-bersih ketika pulang

Selesai lari segera cuci tangan, mandi, dan langsung cuci pakaian yang kita pakai lari tadi.

8. Jaga asupan gizi

Jangan lupa jaga asupan gizinya, dan konsumsi juga makanan atau minuman yang membantu meningkatkan imunitas. Cara terbaik agar kita selamat dari serangan Covid-19 ini adalah dengan memperkuat imunitas.

9. Exercise at home

Nah ini pilihannya kalau kondisinya memang tidak memungkinkan atau kalau kita memang mau benar-benar safe, olahraganya di rumah saja.

Jadi olahraga tetap harus dilakukan demi menjaga kebugaran dan imunitas juga, tinggal diatur-atur saja.

Akhir kata stay safe, stay optimist, dan stay happy.

FOREVER YOUNG WITH RUNNING AND ROCK N’ ROLL

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *